Selasa, 31 Mei 2011

Kadar Air Terlalu Banyak, Bisa Memicu Rasa Lemas

Ternyata air bisa memicu rasa lemas. Saat kadar air terlalu banyak di dalam tubuh, justru bisa memicu rasa lemas.

Air memang kebutuhan mendasar bagi tubuh. Tetapi, jika tubuh kelebihan air dan menahannya atau sering disebut retensi air, maka Anda bisa merasa lemas dan kelelahan.

Kondisi tersebut membuat Anda seperti merasa membawa beban yang sangat berat. Retensi air merupakan tanda yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuh Anda.

Tubuh mempertahankan air dan tidak mengeluarkannya, karena beberapa alasan. Hal yang paling umum adalah karena kadar garam dalam tubuh Anda sangat tinggi. Musim panas, bisa memperparah kondisi ini.

Untuk implikasi medis, retensi air yang parah bisa menimbulkan gagal jantung, gagal hati atau gagal ginjal. Dibandingkan pria, wanita lebih sering mengalami retensi air. Mulai dari masa pramenstruasi hingga menopause.

Retensi air juga jadi salah satu alasan mengapa berat badan wanita cenderung bertambah ketika mengalami perubahan hormonal. Untuk mengurangi risiko retensi air lakukan saja lima langkah yang dilansir dari Healthmeup.com berikut

.Ketahui cara mencegahnya :

1. Kurangi konsumsi makanan dengan kadar garam tinggi

Batasi konsumsi garam, yaitu maksimal 1000 miligram per hari. Lakukan hingga tubuh tak lagi merasa lemas.

2. Hindari makanan olahan

Makanan olahan atau pun kalengan memang lebih efisien. Tetapi, jika Anda seringkali merasa lemas, bisa jadi akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, seperti sosis, nuget atau daging kalengan. Itu karena kadar garam pada makanan olahan sangat tinggi.

3. Konsumsi buah dan sayur
Konsumsi apel, melon dan anggur. Tidak hanya mengandung zat potasium yang bisa mencegah darah tinggi, tetapi juga membantu menjaga kadar cairan dalam tubuh agar tetap seimbang. Untuk sayur, konsumsi saja mentimun, daun salada, dan wortel.

4. Minum jus dan teh
Jika Anda malas mengunyah, olah saja buah menjadi jus segar. Minum teh herbal juga bisa dilakukan. Itu karena, makin banyak air yang Anda minum, maka tubuh akan makin sedikit menahan air.

5. Olahraga
Berolahragalah akan tubuh memproduksi banyak keringat. Keringat adalah "senjata" efektif untuk mengatasi retensi air. (eh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar